Jakarta –

Di Indonesia, Volkswagen baru saja memperkenalkan Tiguan All Space, di China sudah ada Tiguan X. Crossover berdarah Jerman kelahiran China ini memiliki tampilan mirip Coupe.

Dikutip dari Motortrend, model terbaru Volkswagen Tiguan sudah mulai dipamerkan di Beijing Motor Show. Agak berbeda dengan desain sebelumnya, Tiguan X lebih kecil dan memiliki kesan sporty yang kental dengan gaya coupe. Hal ini terlihat pada garis bodi dan atap yang seolah-olah memangkas ruang kargo dan menghilangkan baris ke-3.

Tidak jelas mesin apa yang ditawarkan Volkswagen Tiguan X ini. Tidak menutup kemungkinan Volkswagen akan menyematkan mesin yang lebih baik dari versi standar saat ini, yakni mesin 2.0 liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 184 tenaga kuda.

Volkswagen Tiguan X yang akan dirilis pada 2021 ini hanya akan diproduksi dan dipasarkan di China.

Bagi penggemar VW di negara lain, keputusan menjual Tiguan X hanya untuk pasar China agak disesalkan. Namun strategi ini dinilai sebagai langkah yang tepat, Tiguan X dinilai mampu menghabisi model Volkswagen lainnya seperti model Atlas Cross Sport, khususnya di pasar Amerika Serikat.

Tiguan X dibangun menggunakan basis Tiguan facelift. Tak heran, di beberapa bagian terdapat kesamaan yang identik. Yang terasa berbeda tentu saja bila dilihat dari samping, dimana desain coupe terlihat jelas.

Di bagian belakang, Tiguan X memakai lampu belakang yang berbeda dari Tiguan biasa. Untuk ukuran fisiknya, Tiguan X memiliki panjang 4.764 mm, lebar 1.859 mm, dan tinggi 1.628 mm. Sedangkan wheelbase lebarnya 2.791 mm.

Saksikan Video "Festive VW Jamboree, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)