Pembatasan kecepatan tertinggi Volvo dilakukan untuk keselamatan berkendara.

REPUBLIKA.CO.ID, GOTHENBURG – Dalam sejarah industri otomotif global, Volvo adalah salah satu pemain terkemuka dalam keselamatan berkendara. Komitmen ini juga telah diimplementasikan melalui sejumlah fitur keselamatan di dalam kendaraan.

Kali ini, tampaknya pabrikan Swedia meneruskan tradisi. Dilansir dari Car Advice, Jumat (22/5), komitmen Volvo diwujudkan dengan mengurangi batas kecepatan tertinggi atau kecepatan maksimum kendaraan.

Saat ini, sejumlah peraturan keselamatan menetapkan bahwa kecepatan tertinggi kendaraan dibatasi secara elektronik hingga 250 kilometer / jam. Setelah melalui sejumlah studi, tahun ini Volvo secara resmi mengurangi batas kecepatan tertinggi pada kecepatan 180 kilometer / jam.

Kebijakan Volvo ini secara otomatis menjadi kontroversial. Namun, Volvo akan secara ketat menegakkan batasan untuk semua mobil baru yang dipasarkan pada bulan Juli atau Agustus 2020.

Kepala Pusat Keamanan Mobil Volvo, Malin Ekholm mengatakan, pengurangan kecepatan maksimum diterapkan untuk mengurangi jumlah kecelakaan, cedera serius dan kematian karena kecelakaan. Kebijakan ini sendiri pada awalnya akan diterapkan awal tahun lalu, tetapi tampaknya Volvo hanya dapat merealisasikannya tahun ini.

"Ini adalah langkah kami untuk melanjutkan tradisi Volvo menjadi pelopor dalam menyediakan kendaraan yang aman. Kami percaya bahwa produsen kendaraan memiliki tanggung jawab strategis dalam mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas," kata Malin Ekholm.

Selain mengurangi jumlah limiter, Volvo juga mengimplementasikan fitur yang disebut kunci perawatan. Fitur penguncian khusus ini adalah fitur yang melekat dan diatur oleh pemilik kendaraan. Dengan fitur ini, pemilik kendaraan juga dapat menyesuaikan berapa banyak batas kecepatan tertinggi diterapkan ketika kendaraan digunakan oleh orang lain.

Akibatnya, ketika kendaraan dipinjam oleh anggota keluarga atau pengemudi yang lebih mudah atau pengemudi sepeda motor lain yang dianggap perlu dibatasi, pengemudi tidak dapat mengemudi kendaraan melebihi kecepatan yang diizinkan oleh pemilik kendaraan. Fitur ini tentu membuat pemilik Volvo merasa lebih tenang ketika mobilnya sedang dikendarai oleh orang lain.