VW maju di jajaran mobil sport, tetapi tertinggal di jajaran mobil truk pikap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Volkswagen AG sedang merencanakan dorongan baru ke segmen truk pickup yang telah lenyap dari pabrikan Jerman selama bertahun-tahun. Dengan segmen pikap yang menggiurkan, VW meluncurkan pickup Tarok yang dipajang di Sao Paulo, Brasil, Selasa (6/11) waktu setempat.

"Truk memiliki potensi untuk meningkatkan jangkauan model Volkswagen di pasar global lainnya," kata Chief Executive Officer VW Herbert Diess seperti dikutip Bloomberg, Rabu.

Produsen mobil terbesar di dunia telah berjuang untuk menerobos kategori pikap ketika persaingannya dari General Motors Co dan Toyota Motor Corp telah menghasilkan keuntungan besar. VW telah membuat kemajuan dalam kendaraan olahraga, tetapi tertinggal di belakang dalam garis mobil truk pikap.

Volume penjualan Amarok, yang diperkenalkan pada tahun 2010, masih rendah. Di Amerika Selatan dan Eropa, penjualan Amarok lebih kecil dari F-150 Ford Motor Co. kelas terlaris.

Ambisi VW bisa mendapat dorongan dari berbicara tentang kerja sama yang luas dengan Ford. Kolaborasi ini nantinya akan membuat kendaraan komersial menjadi mobil sendiri, mobil listrik, dan potensi lainnya.

Pickup impor akan dikenakan pajak 25 persen di AS, pasar terbesar untuk kendaraan. Dengan demikian, penjualan truk di pasar bisa dibilang tidak realistis kecuali nanti mereka akan diproduksi di Amerika Utara.

"Pembicaraan kolaboratif mungkin memberikan akses ke teknologi dari Ranger, pickup kompak yang dihidupkan kembali oleh Ford untuk pasar Amerika Utara," kata Herbert Diess kepada Automotive News.

"Bekerja sama dengan Ford akan mengurangi biaya pengembangan untuk Tarok, yang akan memiliki panjang lima meter tetapi akan sedikit lebih pendek daripada Ranger," katanya.

Selain Ranger, pickup kecil lainnya termasuk Chevy Colorado, GMC Canyon, Toyota Tacoma, dan Nissan Frontier. Sementara pesaing VW, Daimler AG dari Jerman, telah memasuki segmen pikap dalam beberapa tahun terakhir dengan X-Class premium.

Tarok akan dijual dengan mesin 2.0 liter yang menyediakan 150 daya kuda. VW tidak memberikan rincian tentang harga yang direncanakan.