VW dengan agresif menyambut era mobil listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, WOKFSBURG – Volkswagen (VW) merupakan salah satu pabrikan Eropa yang agresif dalam menyambut era mobil listrik. Bahkan, selain menghadirkan electric vehicle (EV) bergaya modern, pabrikan asal Jerman ini juga diharapkan menghadirkan EV bergaya klasik.

Dilansir dari Car Advice, Senin (24/8), VW sepertinya tak mau melupakan layanan sejumlah produk klasik dan ikonik seperti Beetle, Karmann, dan lainnya. Tidak tertutup kemungkinan VW akan menghadirkan EV dalam bentuk aslinya dari sejumlah produk ikonik yang pernah berjasa pada masanya.

Spekulasi itu sendiri terungkap melalui adanya berkas pendaftaran merek dagang dari VW. Pada akhir Juni lalu, VW menyerahkan file ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa untuk mendaftarkan sejumlah nama seperti e-Beetle dan e-Karmann.

Ini bisa memiliki arti ganda. Konon, VW akan menghadirkan EV dalam bentuk yang benar-benar menyerupai desain ikonik produk tersebut. Atau mungkin, VW menghadirkan EV melalui produk yang desainnya terinspirasi dari produk ikonik tersebut.

Jika memang VW akan menghadirkan EV dengan desain serupa, maka tentunya ini akan sangat menarik. Pasalnya, VW akan menghadirkan mobil ramah lingkungan yang kental dengan nuansa nostalgia.

Meski demikian, pihak VW dipastikan akan melakukan sejumlah renovasi agar desain ikonik tersebut mampu mendukung besaran tenaga yang berbeda dibandingkan kemampuan teknis aslinya.

Bahkan, selain menghadirkan produk yang benar-benar baru, VW juga tengah mempertimbangkan untuk memasarkan alat konversi. Jadi, pemilik mobil klasik VW bisa beralih dari mesin konvensional ke EV.

Untuk mewujudkan semua ini, VW bermitra dengan perusahaan konversi EV spesialis bernama eClassics. Tujuannya sepertinya cukup luhur, yakni mampu menjaga kekuatan desain yang khas dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan.

sumber: antara