Peluncuran ID.4 yang akan digelar pada 23 September mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, ZWICKAU – Volkswagen (VW) merupakan salah satu pabrikan Eropa yang agresif menyongsong era mobil listrik. Komitmen ini diwujudkan melalui lini produk yang disebut ID.

Setelah resmi menghadirkan ID.3, kini pabrikan Jerman tersebut siap menghadirkan kendaraan listrik (EV) kedua. EV kedua yang akan segera dihadirkan adalah ID.4.

Sebelum dihadirkan secara resmi, VW juga membeberkan cuplikan bentuk EV tersebut. Dilansir dari Car and Driver pada Kamis (17/9), pengungkapan rekaman yang diunggah melalui Twitter tersebut merupakan rangkaian peluncuran ID.4 yang akan digelar pada 23 September mendatang.

Dalam unggahan video tersebut, VW memberikan cuplikan tampilan depan produk tersebut. Dari sana, terlihat jelas bahwa ID.4 hadir dengan gril yang simpel dan dihiasi LED yang membentang di tepi atas gril.

Dalam unggahan tersebut, VW juga mengungkap tagline yang cukup unik, yakni "Listrik untuk Jutaan, Bukan Jutawan". Artinya produk tersebut merupakan EV yang dihadirkan dengan harga murah.

Saat ini pihak VW belum membeberkan harga ID.4. Diperkirakan, produk tersebut akan dipasarkan dengan harga sekitar 35 ribu dolar AS dan siap menjadi saingan Kia, Hyundai dan Tesla.

Produk tersebut akan diproduksi di Zwickau, Jerman. Dengan hadirnya ID.4, tampaknya VW ingin segera menghadirkan varian yang lebih luas di pasar EV.

Diketahui, ID.3 merupakan EV berupa hatchback sedangkan ID.4 merupakan EV berupa crossover. Meski kedua produk dibangun di atas platform yang sama, ID.4 hadir dengan ground clearance yang lebih tinggi dan dimensi yang sedikit lebih besar. Meski demikian, pihak VW mengklaim bahwa ID.4 tetap hadir dengan desain yang aerodinamis sehingga mampu menunjang efisiensi sebuah mobil listrik.