Sekitar 1.400 kendaraan diperkirakan akan diproduksi pada akhir minggu pertama produksi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pembuat mobil Jerman Volkswagen awal pekan ini (27/4) secara resmi mengoperasikan kembali pabrik utamanya di Wolfsburg dengan produksi pertama model Golf. Setelah beberapa waktu menghentikan operasi karena pandemi virus korona, VW kembali berproduksi, mulai di pabriknya di Slovakia minggu lalu sebelum Wolfsburg, Jerman.

"Volkswagen Passenger Cars kembali memproduksi kendaraan di pabriknya di Wolfsburg dengan perubahan awal mulai pukul 6:30 pagi," kata VW dalam sebuah pernyataan, yang dikutip Rabu (29/4).

Awalnya, produksi Golf akan dimulai kembali dengan sistem satu shift dan dengan kapasitas yang belum sepenuhnya, dan waktu siklus yang lebih lama. Saat ini, sekitar 8.000 karyawan kembali ke ruang produksi.

Produksi model Volkswagen Tiguan dan Touran dan SEAT Tarraco dimulai pada hari Rabu. Operasi multi-shift akan mulai lagi pada minggu berikutnya.

Pada saat yang sama, sekitar 2.600 pemasok, yang sebagian besar berlokasi di Jerman, telah memulai kembali produksi untuk pabrik utama Volkswagen. Langkah-langkah untuk melindungi kesehatan tenaga kerja telah diperluas secara signifikan.

"Dimulainya kembali produksi secara bertahap merupakan sinyal penting bagi tenaga kerja, dealer, pemasok dan ekonomi yang lebih luas. Namun, ketika datang untuk mengelola krisis, ini hanya langkah pertama. Momentum tambahan diperlukan untuk merangsang permintaan di Jerman dan di seluruh Eropa sehingga volume produksi dapat meningkat secara bertahap, "kata Ralf Brandstätter, Chief Operating Officer Volkswagen Passenger Cars.

Sekitar 1.400 kendaraan diperkirakan akan diproduksi pada akhir minggu pertama produksi di pabrik Wolfsburg. Produksi akan ditingkatkan menjadi lebih dari 6.000 kendaraan pada minggu berikutnya setelah operasi multi-shift dilanjutkan.

Jumlah itu mewakili sekitar 40 persen produksi sebelum dimulainya pandemi korona. Dealer sekarang akan dapat mengirim kendaraan ke pelanggan. Untuk diketahui, sekitar 70 persen dealer VW telah dibuka kembali untuk bisnis.

Setelah Zwickau, Wolfsburg adalah yang kedua dari produsen kendaraan merek Volkswagen di Jerman untuk beroperasi lagi setelah penghentian yang dimulai pada pertengahan Maret.

sumber: Antara