Dealer bertindak sebagai agen yang menangani di belakang nama, test drive dan konsultasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Volkswagen (VW) menerapkan model penjualan baru untuk mobil listrik keluarga ID, yang dapat dibeli oleh pelanggan langsung dari Volkswagen. Sementara itu, dealer hanya menyediakan layanan lokal.

Model penjualan baru ini telah disetujui dan ditandatangani dengan mitra ritel Volkswagen belum lama ini bersamaan dengan peluncuran dimulainya penjualan ID.3. Dengan model penjualan baru, pelanggan VW menjadi mudah karena mereka dapat dengan mudah beralih antara saluran online dan offline dan memesan mobil langsung ke Volkswagen. Sedangkan dealer pilihan tetap kontak lokal mereka.

Dealer diasumsikan bertindak sebagai agen di bawah model baru dan menerima komisi dari Volkswagen untuk layanan ini. Mereka menangani di belakang nama, konsultasi penjualan, mengatur test drive, pemrosesan transaksi dan pengiriman kendaraan berkoordinasi dengan Volkswagen.

Dealer yang dipilih oleh pelanggan pada awal proses penjualan menerima komisi dan bonus yang sama seperti dalam bisnis showroom. Bahkan jika kendaraan dibeli secara online langsung dari Volkswagen.

Volkswagen memutuskan harga kendaraan, sehingga menghilangkan negosiasi harga yang rumit. Karenanya dealer dapat mengandalkan kompensasi yang dapat dihitung terlepas dari apakah pelanggan membeli kendaraan mereka secara online atau di ruang pamer.

"Semua mitra kami sekarang 100 persen bergabung. Persetujuan luas dari mitra ritel kami untuk model agensi adalah sinyal kuat untuk masa depan," kata Kepala Pemasaran dan Penjualan Jerman di Volkswagen, Holger B Santel, yang dikutip dari pernyataan resmi, Jumat (5/22).

"Dari perspektif pelanggan, Volkswagen dan ritel adalah satu unit dengan model agensi. Dan pengalaman berbelanja yang mudah dan terkoordinasi di semua titik kontak ini persis seperti yang diinginkan pelanggan kami," lanjut Volkswagen.

Volkswagen juga bertanggung jawab untuk pembiayaan kendaraan dan menanggung risiko pengembalian dan nilai sisa. Dealer tidak perlu lagi membiayai kendaraan di muka.

"Kami juga menanggung biaya inventaris dan biaya yang terkait dengan kendaraan showroom," Santel menjelaskan.

Dirk Weddigen von Knapp, Ketua asosiasi mitra Volkswagen dan Audi, mengatakan model agensi tersebut membawa bantuan keuangan yang signifikan kepada para dealer. "Dan itu sangat penting saat ini," katanya.

Model penjualan baru ini juga sebagai respons terhadap meningkatnya permintaan pelanggan untuk dilayani secara online. "Thunder", sistem TI baru, sedang dikembangkan oleh VW dan akan debut di dealer bersama dengan peluncuran penjualan keluarga ID. Proses konfigurasi juga disederhanakan, hanya butuh sepuluh klik untuk mengkonfigurasi seluruh kendaraan.