Jakarta – Sebelum dikenal seperti saat ini, bentuk dan penggunaan setir mobil beberapa kali mengalami perubahan. Sebelum tahun 1894-an, setir mobil bentuknya hampir sama dengan tuas penggerak pada speedboat.

Dulu, setir dengan mekanisme tersebut dikenal dengan tiller. Pengoperasiannya cukup mudah yakni pengemudi hanya menggeser tuas ke kanan atau kiri sesuai arah yang diinginkan.

Sampai saat ini memang tak ada bukti sejarah yang menyatakan kapan mobil pertama kali menggunakan lingkar kemudi seperti sekarang. Bila mengutip Autoevolution, dinyatakan setir seperti itu pertama kali digunakan pada pertengahan tahun 1894.

Penggunaan Setir Kemudi pada Mobil Dahulu Kala, Foto: Pool : Mercedes-Benz
Orang pertama yang diduga menggunakan setir mobil melingkar adalah Alfred Vacheron. Pria tersebut menggunakannya di mobil bermerek Panhard bermesin Daimler dalam ajang balap dunia pertama dari Paris ke Rouen (berjarak 135,3 km).

Tapi posisinya cukup berbeda dengan mobil sekarang yakni mendatar seperti setir pada bus atau truk. Jok pengemudi pun dibuat cukup tinggi untuk mengimbanginya.

Setelah diuji coba, Alfred mengatakan bahwa mekanisme setir mobil melingkar lebih mudah sehingga mobil Panhard kala itu selalu dibuatkan setir melingkar.

Tak berapa lama, sistem arah laju kendaraan tersebut langsung diadopsikan oleh pabrikan mobil lain. Terlebih saat Charles Stewart Rolls, salah satu pendiri perusahaan Rolls-Royce membeli mobil Panhard, kemudian menerapkannya pada desain mobilnya.

Perubahan mekanisme setir kemudi pada mobil terus berlanjut hingga tahun 1899. Singkat cerita, perkembangan terus dilakukan produsen otomotif terkait sampai munculah sistem power steering yakni mengombinasikan setir kemudi dengan sistem hidrolik.

Mekanisme Powersteering, Foto: Pool : Autoevolution
Sistem power steering maupun hidroliknya sebenarnya sudah dipatenkan sejak tahun 1876 dan 1902 oleh G Fitts dan Frederick W. Lanchester. Tapi idak satu pun dari mereka yang membuatnya menjadi barang yang diproduksi.

Selang 18 tahun kemudian, Francis W. Davis, seorang insinyur dari Pierce Arrow Motor Car Company mencoba membuat setir pada sebuah truk agar tidak terlalu berat saat diputar. Alhasil, terciptalah power steering pertama yang dipasangkan ke mobil.

Temuan tersebut terus menghijau hingga menjadi standar pada piranti mobil saat ini.

Pengunaan Setir Kemudi Melingkar pada Mobil Pertama Kali, Foto: Pool : Mercedes-Benz(ruk/lth)