Jakarta – Ada penampilan baru saat berada di SPBU Pertamina COCO di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Masalahnya adalah bahwa 4 unit perangkat pengisian baterai telah dipasang untuk mobil listrik di area parkir SPBU.

Kebetulan detikOto sempat berbincang dengan salah satu manajernya.

"Sudah terpasang 4 unit perangkat pengisian baterai untuk mobil, jika sepeda motor (baterai swap atau exchange)," kata Manajer SPBU Coco Pertamina Rasuna Said, Arif kepada detikOto.

"Belum diresmikan, mungkin bersamaan dengan hari ulang tahun Pertamina, kita tidak punya informasi lebih lanjut, singkatnya.

Dalam mengamati detikOto, setidaknya ada 4 unit General Electric Charging Station (SPLU), yang pertama adalah penulisan Kementerian Perindustrian dan label Mitsubishi Motor, dua unit berlabel Pertamina bersama dengan BOSCH, dan akhirnya diberi label BMW i8.

Untuk saat ini, empat alat tidak dapat digunakan untuk publik. Menurut seorang pejabat pom bensin yang enggan menyebutkan namanya. Alat ini telah dicoba saat pertama kali dipasang.

"Sekarang belum diresmikan, saya juga tidak tahu kapan, sejauh yang saya tahu, itu sudah ada sejak 10 bulan, saya mencoba menggunakannya saat syuting," katanya.

Pertamina menyebut fasilitas pengisian baterai mobil listriknya sebagai Green Energy Station. Pertamina Green Energy Station didasarkan pada pergeseran global di dunia otomotif dari Internal Combustion Engine (ICE) ke Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Electric Vehicles (EV), yang ditandai dengan perubahan dalam penggunaan bensin bahan bakar untuk baterai PHEV dan EV. Ini diprediksi akan menjadi pengganti pengisian bahan bakar untuk kendaraan yang saat ini dioperasikan oleh Pertamina.

(riar / ddn)