Popularitas warna berbanding lurus dengan minat konsumen pada tema luar angkasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebagian besar konsumen Asia menyukai warna mobil putih, hitam, perak dan abu-abu karena warna-warna netral ini sangat populer. Selain itu, warna-warna ini dapat menjaga harga tetap tinggi ketika mereka ingin menjualnya lagi.

Sementara itu, beberapa konsumen lain menginginkan warna yang lebih cerah. Warna-warna yang lebih mencolok dianggap untuk mengekspresikan kepribadian mereka.

"Coklat kemerahan, tembaga, dan emas naik juga mulai populer di kalangan konsumen. Tren warna mengarah ke nuansa warna ini dengan efek yang tidak disadari sehingga konsumen mudah merasa akrab ketika mereka melihatnya," kata Chief Designer Color & Trim, GM Korea Hongki Kim, dalam keterangannya kepada Republika.co.id, Selasa (29/1).

Hasil penelitian yang dilakukan oleh GM menunjukkan bahwa salah satu teori menarik yang telah ditemukan adalah bahwa peningkatan popularitas warna berbanding lurus dengan pertumbuhan minat konsumen dalam tema eksplorasi ruang angkasa. Ini terkait dengan Mars dan pengembangan dan perakitan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), yang rencananya akan diluncurkan pada 2019 dan dijadwalkan beroperasi hingga 2030.

"Ini mencerminkan pandangan orang tentang hal-hal positif, yang membuka sejumlah kemungkinan di masa depan," kata Kim.

Pertumbuhan pasar Cina juga merupakan faktor lain dalam menentukan warna bagi konsumen Asia Tenggara. Berdasarkan minat pengguna kendaraan di negara itu, merah melambangkan kebahagiaan dan nilai-nilai positif. Putih mencerminkan babak baru dan teknologi pintar, sementara hitam menunjukkan kekuatan dan kemewahan.

Berdasarkan data terbaru, merah, putih dan hitam semakin populer di Asia. Minat konsumen terhadap warna perak dan abu-abu mulai berkurang. Di Indonesia, merah dan putih melambangkan keberanian dan kesucian seperti yang ditunjukkan pada bendera nasional.

Chevrolet selalu menghadirkan serangkaian pilihan warna menarik yang mungkin memberikan pilihan bagi penggunanya. Terlepas dari pilihan warna konsumen, dengan perawatan yang baik, cat pada mobil Chevrolet mereka akan selalu terlihat maksimal 10 tahun.