Dalam industri pesawat terbang dan dirgantara, standar yang diperlukan untuk berbagai komponen, suku cadang, dan spesifikasi secara signifikan lebih tinggi. Semuanya dibangun untuk industri pesawat terbang dan kedirgantaraan yang ringan dan kuat. Ini adalah bagian "DAN" dari kalimat itu yang membuat bagian-bagiannya mahal, bukan bagian "ringan". Produsen mobil saat ini yang membangun kendaraan berperforma tinggi dan canggih memahami bagian "ringan", tetapi tidak harus bagian "kuat". Tetapi apa yang mereka pahami adalah seberapa besar kekuatan dapat diterapkan pada bagian-bagian ini sebelum mereka gagal.

Rotor rem saat ini (atau sistem rem cakram) dibangun sangat ringan dengan kemajuan teknologi seperti sliding, cross-drilling, cryo-treat, dan banyak kemajuan lainnya yang memungkinkan rem untuk bernafas lebih baik dan bertahan lebih lama. Namun, terlepas dari semua teknologi ini yang masuk ke rotor, mereka masih tidak cukup kuat untuk menahan kesalahan mekanis. Seberapa sering Anda memiliki mobil berdenyut saat menerapkan rem? Alasan ini terjadi adalah karena mur roda pada roda Anda tidak sampai ke spesifikasi yang ditetapkan oleh pabrikan. Setiap toko mekanik yang Anda masuki, Anda selalu dapat mendengar suara khas dari kunci pas udara yang digunakan untuk melonggarkan dan mengencangkan bagian dan mur roda. Alat-alat udara ini mampu memadamkan jumlah kekebalan torsi, tetapi disitulah masalahnya dimulai. Pengaturan torsi pada kunci pas udara ini diatur ke pengaturan tunggal (biasanya yang terkuat), tidak pernah berubah, tetapi digunakan untuk mengencangkan segala sesuatu di mobil Anda. BURUK!

Kendaraan modern saat ini dibangun hampir seperti pesawat terbang dan memiliki spesifikasi yang sangat akut yang harus diikuti. Kesalahan yang paling sering dibuat oleh mekanik dan pemilik mobil adalah mengencangkan mur roda pada roda mobil mereka. Bahkan ada yang bahkan melompati kunci pas untuk memastikan mur roda "ketat" dan roda tidak "jatuh" saat mengemudi. Namun, lebih mengencangkan lugs Anda akan menyebabkan kegagalan dini rotor rem Anda seperti yang terlihat oleh warping atau deformasi di rotor. Hal ini juga dapat menyebabkan baut roda "patah" ketika mengencangkan roda yang berlebihan dan melemahkan baut.

Ada sebelum penting untuk memastikan mur roda Anda dikencangkan dengan spesifikasi yang tepat dan untuk melakukan itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Untuk sebagian besar kendaraan, mur roda harus dikencangkan hingga 70-100 ft-lbs menggunakan kunci pas torsi berkualitas baik. Namun, Anda tidak perlu kunci momen untuk mengencangkan mur roda Anda dengan benar.

Pendekatan yang selalu saya lakukan adalah mengencangkan mur sekuat yang bisa dilakukan dengan jari-jari Anda terlebih dahulu. Kemudian mengambil kunci ban, kencangkan mur tanpa banyak upaya sampai Anda merasakan beberapa perlawanan. Kemudian cukup (tanpa melompat pada kunci ban), letakkan berat badan Anda di kunci pas sampai berhenti berputar. Anda tidak perlu menyentakkan badan Anda untuk memastikan bahwa ada lebih banyak ruang untuk mengencangkan. Secara umum, jika Anda mengikuti latihan ini, Anda akan menempatkan sekitar 80-90 ft-lbs torsi ke lug. Lakukan ini secara konsisten untuk semua roda Anda untuk memastikan bahwa rotor rem Anda memiliki kehidupan yang maksimal. Namun, untuk hasil terbaik, saya masih menyarankan untuk mendapatkan kunci pasak penggerak 1/2 "yang berkualitas, favorit saya adalah garis Neiko Pro yang saya gunakan secara religius untuk setiap pekerjaan mekanis yang mungkin.

Ini adalah investasi yang layak dan mereka biasanya berkisar dalam harga dari $ 20-40, yang lebih murah dari satu rotor rem untuk mobil Anda. Rem dan roda adalah komponen yang paling penting dari mobil Anda dan oleh karena itu, membutuhkan perhatian dan perhatian paling besar. Pergi periksa mur roda Anda hari ini.