Keamanan adalah suatu keharusan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kecelakaan lalu lintas (traffic) masih menjadi momok di Indonesia, menurut statistik Kepolisian Lalu Lintas Nasional, dalam empat tahun terakhir jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia. Tren meningkat.

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2019, Indonesia menempati peringkat ketiga di dunia dalam hal jumlah korban jiwa karena kecelakaan lalu lintas. Dari semua jenis kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan, khususnya kendaraan komersial, tercatat bahwa bus dan truk lebih banyak terlibat dalam kecelakaan. Pada 2018 ada lebih dari 3 ribu kecelakaan yang melibatkan truk.

Bagi Gaikindo, keselamatan bukanlah suatu pilihan tetapi suatu keharusan. Karenanya Gaikindo terus mendorong kesadaran keselamatan dalam berkendara. Ini adalah fokus yang diminta Gaikindo melalui penyelenggaraan Pameran Komersial Internasional Gaikindo Indonesia (GIICOMVEC) 2020, yang akan berlangsung pada 5 hingga 8 Maret.

"Mengenai keamanan berkendara, kami ingin mendeklarasikan transportasi darat Indonesia menuju nol kematian, tidak ada lagi kecelakaan yang menyebabkan korban," kata Ketua Gaikindo, Yohannes Nangoi dalam pernyataan tertulis beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan dia memiliki hubungan dekat dengan Kementerian Perhubungan, dalam mewujudkan komitmen kesadaran menyetirnya. Diharapkan Kementerian Perhubungan dapat memberikan penjelasan yang lebih terperinci tentang rencana pemerintah untuk melaksanakan penciptaan transportasi darat yang aman dan nyaman.

Semua peserta GIICOMVEC 2020 disarankan untuk memajang produk sesuai dengan ketentuan yang ditentukan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, mulai dari kesesuaian jenis kendaraan hingga peruntukannya, ketersediaan peralatan keselamatan wajib akan ditampilkan untuk bisnis orang yang hadir.

Diharapkan bahwa para pelaku bisnis juga akan mendapatkan sosialisasi yang tepat tentang pentingnya menggunakan produk yang sesuai dengan standar keselamatan kendaraan komersial. "Kepedulian dan kepatuhan dengan ini akan mengurangi tingkat kecelakaan kendaraan komersial," kata Yohannes.