Jakarta – Organisasi keselamatan jalan di Inggris, mendorong pemilik kendaraan untuk menjaga kebersihan plat nomor mereka. Untuk memastikan hal ini dilakukan, pengemudi yang meninggalkan plat nomornya kotor akan didenda £ 1.000 atau Rp 18 juta.

Salah satu petugas keselamatan jalan GEM, Neil Worth mengatakan bahwa memiliki plat nomor yang jelas dan mudah dibaca sangat penting.

"Plat nomor harus dapat dibaca dan tidak tertutup oleh kotoran. Ini untuk memastikan kendaraan dapat diidentifikasi kapan saja saat dibutuhkan," jelas Neil.

Musim hujan berpotensi membuat semakin banyak kendaraan dengan plat nomor kotor yang sulit diidentifikasi. Ini biasanya disebabkan oleh kotoran pada permukaan jalan yang lembab sehingga memercikkan tanah basah ke plat nomor.

GEM mendorong pengemudi untuk membersihkan plat nomor mereka sebelum bepergian untuk menghindari denda.

"Bukanlah hal buruk untuk membersihkan plat nomor Anda setiap hari, selain melakukannya juga pada lampu depan dan belakang. Segera Anda telah melakukan setidaknya langkah pertama dalam menjaga keselamatan berkendara," simpul Neil Worth.

Berbeda dengan Inggris, di Indonesia sendiri belum ada sanksi berat terkait kebersihan plat nomor. Hingga saat ini, aturannya hanya tentang penggunaan plat nomor dan bagaimana aturan penulisan, bahan, dan pemasangan. Bahkan melanggar aturan ini jika dibandingkan dengan aturan di Inggris relatif kecil, yaitu Rp. 500 ribu.

Peraturan ini tidak diperbolehkan untuk menggunakan pelat nomor yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Transportasi Jalan sebagaimana disebutkan dalam Pasal 280:

"Setiap orang yang mengendarai kendaraan bermotor di jalan yang tidak dilengkapi dengan TNKB (Nomor Kendaraan Bermotor) sebagaimana ditentukan oleh Kepolisian Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1), harus dihukum penjara 2 (dua) bulan. atau denda maksimum Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah). " (rip / kering)