Jakarta – Program Penilaian Mobil Baru Euro (NCAP) melakukan uji coba tabrakan pada model Jeep Tanpa Batas Sahra 2018 Wrangler. Sayangnya, mobil baru yang dibuat oleh Fiat Chrysler Automobiles (FCA) tidak mengikuti jejak pendahulunya yang mendapat lima bintang seperti Jeep Compass.

Seperti apa hasilnya? Berdasarkan data yang dijelaskan oleh Euro NCAP, Jeep Wrangler Sahara empat pintu ini hanya mendapat satu bintang dengan mencetak peringkat keamanan 19,3 poin untuk penumpang dewasa, 34,3 poin untuk anak-anak, 4,3 poin untuk fitur bantuan keselamatan, dan 23,9 poin untuk perlindungan berjalan kaki.

Jeep Wrangler Sahara dari Eropa-pasar telah dilengkapi dengan pengingat rem sabuk, enam driver dan kantong udara pengemudi, yaitu frontal, side chest, dan side head.

Jadi mengapa Jeep Wrangler Sahara mendapatkan satu bintang?

Dalam penilaian resmi Euro NCAP, ada berbagai masalah struktural yang diidentifikasi. Laporan itu mengatakan, hubungan antara pilar A dan balok trans-facia rusak dengan cara yang menunjukkan struktur tidak akan mampu menahan beban yang lebih tinggi. Demikian pula, deformasi footwell menunjukkan bahwa struktur telah mencapai batas integritasnya.

Selanjutnya untuk penumpang belakang, pembacaan dummy menunjukkan perlindungan leher yang lemah dan, dikombinasikan dengan beban beban bahu yang tinggi, perlindungan dada yang buruk.

Meski begitu dalam tes pembatasan sisi, Wrangler mencetak poin maksimum, dengan perlindungan yang baik dari semua area kritis tubuh.

"Benar-benar mengecewakan melihat mobil baru yang dijual pada tahun 2018 tanpa sistem pengereman otonom dan tidak ada bantuan jalur." kata Sekretaris Jenderal Euro NCAP, Michiel Van Ratingen. (riar / lth)