Kuala Lumpur – Mobil keluarga sejuta orang, Avanza, rupanya masih memiliki minat cukup di Malaysia. Namun mobil 7 penumpang bukan model terbaru seperti di Indonesia.

Mobil itu pertama kali terlihat ketika reporter Ruly Kurniawan tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Kemudian selama perjalanan ke area kontes dan pameran International Automodified (IAM), Avanza terlihat beberapa kali. Tetapi tidak seperti mobil Proton atau Perodua.

Menurut salah seorang penggila otomotif asal Malaysia, Rajeeb, Avanza memang merupakan salah satu pilihan untuk mobil keluarga Malaysia. Namun permintaannya tidak seramai di Indonesia.

"Selain menjadi mobil keluarga, biasanya digunakan untuk persewaan," katanya kepada AFP di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (13/4/2019).

Perlu diketahui juga, di Malaysia harga Toyota Avanza cukup mahal, yaitu sekitar Rp. 273 juta (RM 80.500) hingga Rp. 290 juta (RM 86.000) tergantung wilayahnya. Pajaknya cukup mahal dibandingkan dengan mobil dari Proton dan Perodua. Sehingga mobil andalan Toyota di negara ini tidak seramai di Indonesia, yang bisa terjual hingga 6.000-7.000 unit setiap bulan. (ruk / ddn)