Jakarta –

Wuhan, di Provinsi Hubei, China, kota yang pertama kali mencatat kasus virus Corona COVID-19 pada Desember 2019 dan kini perlahan mulai meningkat. Bahkan, untuk mendongkrak industri otomotif yang sempat terpuruk, untuk pertama kalinya Pemprov DKI menggelar pameran otomotif berskala internasional menyusul pandemi Virus Corona.

Dikutip dari Xinhua.net. Asosiasi Dealer Mobil Wuhan, sejak Kamis (13/8/2020) menggelar The 18th Central China International Auto Show. Pameran otomotif yang diharapkan dapat menarik 100.000 pengunjung, menandai pemutaran perdana otomotif terbesar sejak kota itu dilanda COVID-19.

Lebih dari 60 merek mobil, termasuk BMW dan Mercedes-Benz, memamerkan berbagai model. Berbagai gerbang pemeriksaan pencegahan dan pengendalian epidemi didirikan di lokasi. Area isolasi medis disiapkan untuk keadaan darurat. Pengunjung diatur untuk memasuki ruang pameran pada waktu yang berbeda.

Beberapa merek mobil telah meluncurkan skema subsidi dan pembelian mobil bagi pekerja medis, relawan, dan lainnya yang telah berada di garis depan dalam memerangi penyakit tersebut. Diskon maksimal yang diberikan adalah 20.000 yuan (sekitar US $ 2.850 atau Rp 42,9 juta).

Industri otomotif adalah industri pilar bagi Wuhan. Wajar saja jika Wuhan adalah rumah bagi berbagai perusahaan otomotif global. Misalnya General Motors, Nissan, Renault, Honda dan PSA Group yang memiliki basis produksi di Wuhan yang menjadi pusat penyebaran virus Corona.

"Hari pertama pertunjukan melebihi harapan kami. Ini adalah sinyal yang sangat positif bagi ekonomi dan industri pameran otomotif Wuhan," kata Wang Zhi, wakil sekretaris jenderal asosiasi dealer mobil Wuhan.

"Ini merupakan tonggak penting dalam menghidupkan kembali mesin perekonomian Wuhan dan meningkatkan kepercayaan konsumen," tambah Wang.

Penjualan mobil di China menunjukkan grafik mengalami peningkatan setelah negara tersebut berhasil mengendalikan penyebaran virus Corona. Tren positif ini dimulai pada April 2020.

Dikutip dari Bloomberg, penjualan ritel sedan, SUV, minivan, dan kendaraan multiguna di China meningkat 7,9% pada Juli dibandingkan bulan yang sama di tahun sebelumnya. Pada Juli 2020, industri otomotif China menjual 1,63 juta unit mobil baru.

Tidak hanya penjualan eceran, penjualan grosir (whole sales) mobil di China juga naik 8,5% dari Juli tahun lalu menjadi 1,67 juta unit pada Juli tahun ini.

Tonton Video "Melihat & # 39; Jeroan & # 39; Lab Wuhan Dituduh Sumber Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)