Jakarta –

Honda baru akan resmi merilis CBR600RR Model Year (MY) 2021 pada 21 Agustus mendatang. Namun, situs resmi Honda Jepang telah membocorkan gambar Honda CBR600RR terbaru.

Dari tampilan foto, CBR600RR mengalami ubahan besar di bagian fascia. CBR600RR versi 2021 memiliki lampu depan yang lebih sempit dan agresif. Posisi lampu sein juga digerakkan ke atas fairing dan mendekati tuas kopling dan rem. Sekilas memang sudah ada teknologi pencahayaan LED yang dibenamkan.

Fairing tersebut masih mempertahankan garis desain sebelumnya. Namun ada tambahan komponen winglet yang berbentuk seperti sirip ikan hiu. Bagian ini biasanya digunakan untuk meningkatkan efek downforce pada olahraga motor pada kecepatan tinggi. Bagian lain yang membedakan adalah area suspensi, di mana CBR600RR menggunakan suspensi depan USD yang dicat hitam. CBR600RR sebelumnya menggunakan suspensi emas USD.

Terlepas dari perubahan ini, selebihnya tidak tampak perbedaan radikal. Mulai dari bagian tangki, area tengah, hingga belakang, CBR600RR terbaru masih mempertahankan desain lama. Bahkan desain pelek, swingarm, rem cakram, dan spatbor belakang identik dengan model sebelumnya.

Menurut laman bocoran Honda Jepang, CBR600RR baru akan hadir dengan pembaruan di sisi teknis. Mesin 4 langkah, DOHC, 4 silinder segaris, 599 cc akan dilengkapi dengan teknologi kontrol elektronik dan teknologi aerodinamis terbaru. New Honda CBR600RR juga diklaim lebih bertenaga dan lebih asyik digunakan di sirkuit serta lebih mudah digunakan di jalan umum.

Jika menengok kembali bocoran dari website Cycleworld, All New Honda CBR600RR akan diberi nama Honda CBR600RR 2021. Model ini membawa sejumlah ubahan tidak hanya dari segi mesin dan penambahan fitur serta teknologinya saja, tetapi juga dari tampilan eksterior.

Perubahan besar-besaran juga menargetkan sistem elektronik. Honda CBR600RR 2021 diprediksi akan mendapatkan kontrol traksi yang lean-sensitive dan cornering ABS. Dari segi performa, motor ini diharapkan bisa menghasilkan tenaga 115 hp, dengan penyempurnaan sistem knalpot, untuk mengurangi emisi.

Tonton Video "Tampilan dan Fitur Baru pada Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)