Wuling akan mendorong dan mendukung klub yang memenangkan Liga 1 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wuling Motors (Wuling) secara resmi mengumumkan kolaborasinya dengan klub sepak bola Bali United. Ini adalah ekspresi dari semangat Drive For A Better Life dan dukungan untuk pengembangan sepakbola di negara ini.

Upacara tersebut ditandai dengan konferensi pers yang diadakan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, dan menandai pertama kalinya Wuling menjadi sponsor sebuah klub sepak bola di Indonesia. Direktur Merek & Pemasaran Wuling Motors, Yin Yi mengatakan, visi bersama untuk terus menjadi lebih baik dan pencapaian prajurit brilian Tridatu, mendorong Wuling untuk mendukung klub yang memenangkan kejuaraan Liga 1 2019.

"Kami berharap sinergi lintas industri ini dapat memacu Bali United dan Wuling Motors untuk terus memberikan yang terbaik bagi Indonesia," kata Yin Yi dalam pernyataan pers kepada Republika.co.id, Selasa (25/2).

Mengenai aktivitas Wuling, pabrikan Cina itu memulai langkahnya pada 2015 dengan membangun fasilitas manufaktur di Cikarang, Jawa Barat, yang kemudian secara resmi mulai beroperasi pada 2017.

Hingga saat ini, Wuling telah memasarkan empat produk untuk konsumen di Indonesia, terdiri dari seri Confero yang merupakan MPV pertama Wuling, seri Cortez yang bermain di segmen Medium MPV, Formo untuk pasar Kendaraan Komersial Ringan, dan Almaz, SUV Teknologi Cerdas.

Wuling juga telah mengekspor ke sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara dan Oseania untuk memperluas pasarnya ke luar negeri. Kali ini, Wuling mengambil langkah strategis untuk mendukung Bali United dan mendapat hak istimewa untuk menempatkan logo di bagian depan kaus resmi Bali United untuk musim 2020.

Sejalan dengan perjalanan Wuling, Bali United memulai pekerjaannya di dunia sepakbola negara tersebut pada tahun 2015. Kemudian, pada tahun 2019, Bali United menjadi penerbit sepakbola pertama di Asia Tenggara yang secara resmi terdaftar dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Masih di tahun yang sama, Bali United mencatat prestasi gemilang dengan memenangkan gelar di Liga 1 2019. Tidak hanya itu, Serdadu Tridatu juga melebarkan sayapnya di kancah internasional dengan menjadi wakil Indonesia untuk bertarung di Kejuaraan Sepak Bola Asia (AFC) Piala 2020.

Direktur Pemasaran & Bisnis Bali United, Putri Paramita Sudali juga menyambut positif dukungan yang diberikan oleh Wuling Motors.

"Kami menghargai Wuling untuk mendukung kami di musim 2020. Sebagai salah satu pemain di pasar otomotif Indonesia, kami yakin bahwa Wuling dapat terus tumbuh di Bali dan di seluruh nusantara," kata Putri. "Kolaborasi ini diciptakan berkat semangat yang bersinergi untuk maju menjadi lebih baik melalui berbagai inovasi yang dilakukan. "

Mengenai penetrasi pasar, Wuling didukung oleh lima jaringan dealer di pulau Bali yang terdiri dari Wuling Hanawa Denpasar, Wuling Hanawa Tabanan, Wuling Hanawa Badung, Wuling Kumala Denpasar, dan Wuling Kumala Gianyar. Wuling juga optimis bahwa melalui kerja sama ini ia juga akan dapat membangun kedekatan yang lebih intensif antara Wuling dan orang-orang Bali.