Yamaha berharap bisa meluncurkan sepeda motor listrik di India.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Produsen sepeda motor Jepang, Yamaha, mulai membidik India sebagai ekosistem sepeda motor listrik. Harapannya, Yamaha bisa meluncurkan motor listrik dalam beberapa tahun ke depan.

Yamaha yang memiliki pabrik di Surajpur, Faridabad, dan Chennai ini meyakini keberhasilan menembus pasar motor listrik bergantung pada tiga hal, yakni infrastruktur, keterjangkauan produk dan harga, serta model yang sesuai dengan konsumen. Pihaknya sudah melakukan studi kelayakan (sepeda motor listrik) dan mencoba memahami kebutuhan pasar dan road map pemerintah.

"Kami mungkin akan memperkenalkan kendaraan listrik di India dalam beberapa tahun mendatang," Wakil Presiden Senior Penjualan Yamaha Motor India Ravinder Singh mengatakan kepada kantor berita Press Trust India, Senin (31/8).

Dia menilai India akan menjadi pasar potensial kendaraan listrik. Apalagi jika negara tersebut memiliki peta jalan yang jelas.

"India dapat mencapai kesuksesan melalui peta jalan yang jelas, kebijakan yang stabil, dan perencanaan yang tepat," kata Singh.

Dia menambahkan, tantangan terbesar adalah investasi di bidang infrastruktur, stasiun pengisian, dan produksi baterai kendaraan listrik. Singh menambahkan, negara-negara di Asia bisa meniru Taiwan dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, dengan mengintegrasikan pabrikan global dengan perusahaan nasional.

Setahun terakhir, Yamaha meluncurkan skuter listrik EC-05 bekerja sama dengan perusahaan manufaktur lokal Gogoro.

sumber: Antara