Jakarta –

Yamaha terkenal dengan produksi alat musik dan sepeda motor, tetapi pabrikan yang membawa garpu juga telah memproduksi sepeda motor dan e-sepeda sejak 1993, Anda tahu. Nah, Yamaha baru saja meluncurkan sepeda listrik atau e-sepeda dengan nama Civante.

E-sepeda atau sepeda listrik memiliki sistem bantuan dayung yang ditenagai oleh baterai untuk mengemudi. Bahkan sistem motor juga mampu memberikan tenaga tambahan saat sedang menanjak.

Diambil dari Electrek, Sabtu (11/7/2020) Yamaha Civante dilengkapi dengan sepeda motor Yamaha PWSeries SE, dengan drive ini dapat membaca torsi, kecepatan, dan 2 not & ritme. Dengan triple sensor diklaim mampu membuat pedal lebih halus. Bahkan torsi dan tenaga dihasilkan dalam waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

"Civante akan memperkenalkan kelompok pengendara baru untuk kualitas, kenyamanan, dan kinerja legendaris Yamaha serta meningkatkan dan mendiversifikasi pilihan ritel kami," kata Manajer dan Pemasaran grup Sepeda Power Assist Bicycle Yamaha Drew Engelman.

Di atas kertas, sepeda listrik ini dapat meledakkan torsi 70 Nm dan mendukung ritme pedal hingga 110 rpm. Motor ini juga dirancang untuk memberikan drive hingga 28 mph (45 km / jam).

Sepeda motor Yamaha Civante: Foto: Yamaha Bicycle

Selain itu, dorongan juga akan berhenti secara otomatis jika pengemudi berhenti mengendarai atau mencapai kecepatan tertinggi.

Yamaha Civante dilengkapi dengan baterai 500 Wh – dua kali lebih besar dari motor e-road lainnya – dapat diisi daya dari 0-80 persen hanya dalam satu jam.

Dari tampilannya sudah memiliki gaya sepeda jalan yang khas, yaitu stang yang dilengkapi dengan dropbar. Meskipun banyak kabel, bingkai dan garpu yang terbuat dari aluminium dibuat bersih.

Foto Yamaha Civante: Sepeda Yamaha

Secara khusus Yamaha Civante menggunakan drivetrain 10-kecepatan, rantai ganda, rem cakram hidrolik dan shifter Shimano STI.

Tidak hanya itu, Yamaha e-bikes selalu dilengkapi dengan layar LCD multi-fungsi yang dapat melihat informasi seperti mode bantuan pedal, informasi baterai, kecepatan, odometer, jam, stopwatch, dan lainnya.

Sayangnya Yamaha Civante baru ini dipasarkan di Amerika Serikat. Sementara harganya dibandrol US $ 3.399 atau sekitar Rp. 48,9 juta (nilai tukar 1 dolar = Rp. 14.398). Tertarik meminta detik?

Jika dibandingkan dengan produk sepeda motor Yamaha, harga sepeda ini jauh lebih mahal.

Harga terendah dari kompetitor PCX Honda adalah harga Rp 28.545.000 untuk 2019 model standar Sistem Rem non-lock (ABS). Sedangkan varian paling mahal adalah All New Nmax 155 Connected / ABS, yang harganya Rp 33.750.000.

Lihat video "Suka Bersepeda? Deretan Aplikasi Ini Dapat Membantu Anda"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / lth)