Jerez –

Yamaha YZR-M1 di MotoGP dua kali menemui masalah. Pekan lalu, Valentino Rossi gagal finis di MotoGP Spanyol karena masalah teknis. Seminggu kemudian, giliran Franco Morbidelli untuk mengalami hal yang sama.

Dilaporkan Motorsport, masalah dengan mesin Yamaha M1 masih menjadi misteri. Pengendara yang mengendarai sepeda motor Yamaha mengomentari masalah teknis pada sepeda motor M1.

Fabio Quartararo dari tim satelit Yamaha SRT Petronas mengatakan dia tidak khawatir tentang apa yang terjadi pada sepeda motor Yamaha. dia menanggapi dengan santai sebagai pembalap yang tugasnya mengendarai sepeda motor di lintasan.

"Pekerjaan kami sebagai pembalap adalah tampil di trek dan kami memiliki ratusan insinyur yang mengerjakan mesin, pada sepeda motor. Jika ada masalah, kami memiliki dua minggu (sebelum MotoGP Ceko di Brno) jadi saya berharap mereka akan menemukan sesuatu ( itu bermasalah). Tetapi saat ini saya tidak punya masalah dengan mesinnya, "kata pebalap Prancis yang memenangkan kejuaraan Spanyol dan MotoGP berturut-turut.

"Jadi, aku merasa baik-baik saja. Sebagai pembalap, aku hanya fokus mengendarai sepeda motor dan bukan pada masalah teknis."

Sementara itu, Maverick Vinales yang berada di urutan kedua di GP Andalusia mengatakan ia merasakan suara aneh dari mesinnya di latihan bebas ketiga (latihan bebas 3 / FP3). Namun, masalah yang dialami Vinales tidak terbawa ke perlombaan hari Minggu.

"Saya punya masalah di FP3 di pagi hari. Saya merasakan raungan aneh dari sepeda motor, jadi saya segera berhenti di garasi. Saya tidak tahu apa-apa lagi. Saya tahu bahwa mesinnya tidak memberikan masalah sekarang. Seluruh ras tetap konsisten, tidak ada penurunan energi, "kata Vinales.

"Tetapi seperti yang dikatakan Fabio, mereka (Yamaha) memiliki dua minggu untuk memahami masalah dengan mesin karena kami melihat Franco mengalami kerusakan mesin, Valentino mengalami kegagalan mesin minggu lalu. Jadi, kami perlu mencari (sumber penyebabnya) dan memperbaiki ini. Ini juga sangat penting karena kejuaraan ini sulit dan kami akan memberikan banyak tekanan pada mesin, terutama dalam beberapa balapan berikutnya. "

Sementara Morbidelli yang mengalami masalah saat balapan MotoGP Andalusia bingung tentang apa yang terjadi pada motornya. Katanya, tiba-tiba motor berhenti dan dia tidak tahu kenapa.

"Tapi itu tiba-tiba. Saya hanya merasa mesin tidak menyala lagi, dan saya mematikan motor karena saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Itu bukan gangguan nyata, hanya sesuatu salah. Saya tidak begitu mengerti apa yang terjadi. Tetapi (karena saya ragu) saya mematikan mesin, "kata Morbidelli.

Penyebab motor Yamaha bermasalah masih diselidiki. Menurut Motorsport, Yamaha telah mengirim mesin M1 ke Jepang untuk analisis. Dokumen tentang mesin resmi dari Dorna Sport mengkonfirmasi hal ini.

Dokumen menunjukkan, Vinales telah membuka segel lima mesin yang dialokasikan untuk tahun ini. Sementara tiga pebalap Yamaha lainnya telah menggunakan empat mesin.

"Dengan tiga balapan di dua sirkuit yang bergantung pada kekuatan di Brno dan Red Bull Ring bulan depan dalam periode tiga minggu, ini dapat menyebabkan masalah bagi Yamaha," tulis Motorsport.

Lihat video "Yesterday Rossi, Sekarang Morbidelli tiba-tiba menepi di MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)