Surabaya – Ada sesuatu yang menarik di final Blackauto Battle 2018 Surabaya. Berbagai aliran modifikasi termasuk dalam seri pamungkas ini.

Salah satunya, mobil pembangun dari Yogyakarta, yang tergabung dalam kupu-kupu malam Jogja Indonesia, mengubah mobil Honda Genio pada tahun 1991 menjadi modifikasi penuh.

"Mobil ini disebut konsep G. Kenapa begitu, karena dasarnya adalah mobil Honda Genio, untuk konsepnya sendiri ekstrim," kata Builder dari Yogyakarta Edy Tesy kepada detikOto, Minggu (2/12/2018). Tesy menjelaskan bahwa ada banyak perubahan pada pekerjaan dalam pembuatan konsep G ini, ia mengaku hanya mengambil sasis dari dasar awal Honda Genio.

"Kami hanya terus mengambil sasis untuk eksterior dan interior bodi. Kami semua memiliki konsep, sehingga akan berbeda. Mulai dari model pintu, kap depan dan belakang juga dikonseptualisasikan," kata Edy.

Edy mengakui bahwa menggarap mobil pemilik, H Firman, hanya butuh waktu empat bulan. Mulai dari mengubah detail eksterior dan interior mobil Genio ini.

"Kami sedang mengerjakan total empat bulan. Kami memiliki tim kami sendiri dalam pengejaran ini, sikat udara, mesin dan audio dari tim itu sendiri," kata Edy.

Dikatakan, tingkat kesulitan dalam melakukan ini adalah pada ukiran yang diratakan dan ditutupi oleh mesin. Semuanya dilakukan secara manual.

"Yang paling sulit dan futuristik adalah di mesin dan roda. Kami telah bertukar menggunakan Lexus 1Z, di bagian mesin kami mengukir ukiran secara manual. Sama dengan roda dan break-break yang kami ukir. Kemudian kami menyepuh warna emas dan mewah dan Kesan eksklusif. Kami semua bekerja sebulan, "kata Edy.

Sedangkan untuk konsep interior G, mulai dari lantai, tempat duduk, kotak audio semua menggunakan Murano Nappa.

"Semua yang kami gunakan penuh Murano Nappa," kata Edy.

Edy mengaku, ia memang menyiapkan konsep G ini, memang untuk final Blackauto Battle 2018 Surabaya.

"Kami memang mempersiapkan untuk acara final ini, karena sebelumnya kami juga ambil bagian di Solo," katanya.

Ketika ditanya tentang total biaya yang dihabiskan untuk mengerjakan konsep G? Edy enggan menjawab detailnya. "Hehee. Ya, itu cukup bagus," katanya. (kering / ddn)