Jakarta –

Baru-baru ini viral driver Kawasaki Ninja ZX-25R berhasil diusir petugas keamanan di lobby mall. Dia disuruh pergi karena ketahuan parkir di lokasi khusus motor besar di lobby mall.

Beberapa mall memang menawarkan tempat parkir khusus untuk moge. Apa saja ketentuan parkir moge di mall? Kenapa motor sport empat silinder 250 cc diusir dari tempat parkir mall?

Rio Octaviano, Ketua Umum Asosiasi Parkir Indonesia (IPA) menjelaskan, parkir motor merupakan kewenangan pengelola properti seperti mal atau perkantoran. Tidak ada aturan khusus terkait parkir khusus moge.

“Sebenarnya seluruh tempat parkir yang memiliki kewenangan tertinggi masih milik. Karena operator parkir hanya ada pekerja di sana yang menghasilkan uang,” kata Rio kepada detikcom kemarin.

Oleh karena itu, kebijakan penyediaan tempat parkir khusus sepeda motor dan sepeda motor mana saja yang boleh parkir di tempat parkir khusus menjadi kewenangan pengelola mal itu sendiri. Kenapa motor 250 cc seperti Ninja ZX-25R diusir dari parkiran besar lobby mall? Menurut Rio, hal itu kembali kepada kebijakan masing-masing pengelola mal.

“Mungkin yang dilakukan pengamanan sesuai dengan arahan dari mal. Ini tidak terkait dengan parkir, atau bisnis parkir. Tapi ini murni terkait bagaimana kebijakan mall adalah menyiapkan lahan khusus untuk sepeda motor. . Dan dalam hal ini ternyata tempat parkir moge ini di pasang. Otomatis sepeda motor tak bermesin mendapat respon. Menurut saya biasa saja, makanya SOP dari security diarahkan seperti itu, " Rio menjelaskan.

Menurut Rio, untuk parkir motor belum ada pengaturan sepeda motor dan motor bermesin cc apa yang boleh ditempatkan di lobby. Itu kembali ke otoritas manajemen properti.

“Sebenarnya netizen bisa menilai sendiri (di komentar di video viral), kalau di bawah 400 cc untuk parkir di depan, bayangkan semua motor diparkir di sana. Ujung-ujungnya estetika mal bakal jadi. terganggu, karena bukan motor bisa parkir. di situ, ”kata Rio.

“Bisa juga dibayangkan kalau dilihat dari segi estetika, mungkin mall melihat motor ini ditempatkan di depannya, bisa jadi pajangan, jadi keren, orang-orang datang banget dan sebagainya,” sambung Rio.

Tonton video "Kawasaki Ninja ZX-25R Diluncurkan ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lth)